Author Guidelines

FORMAT PENULISAN ARTIKEL JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT

1. Ketentuan Umum

  1. Artikel yang diterima yaitu artikel yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal apapun berupa atau tidak dalam status telah diterima (accepted) untuk dipublikasikan
  2. Artikel berupa hasil pengabdian pada masyarakat yang mempunyai relevansi dengan bidang pembangunan manusia dan daya saing bangsa, pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal, pengembangan ekonomi, kewirausahaan, koperasi, industri kreatif, dan UMKM, pengembangan teknologi berwawasan lingkungan, Kesehatan, gizi, penyakit tropis, dan obat-obatan herbal, seni, sastra, dan budaya, serta integrasi nasional dan harmoni sosial.
  3. Artikel dilampiri surat pernyataan keaslian dari penulis yang menyatakan bahwa artikel yang ditulis benar-benar karya sendiri dan tidak mengandung plagiarisme.
  4. Setiap pengirim artikel (tidak melihat jumlah penulis) berhak mendapat 1 eksemplar jurnal.

2. Sistematika Penulisan

  1. Artikel terdiri dari 8- 12 halaman, diketik dengan spasi 1 dalam kertas ukuran A4 dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 12 dan menggunakan catatan badan (body note). Tulisan yang akan dimuat menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang baik.
  2. Susunan artikel terdiri dari : Judul, Nama Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Daftar Pustaka.
  3. Ketentuan Penulisan Artikel :
  • Judul : terdiri dari 15-20 kata.
  • Nama Penulis : ditulis tanpa gelar, disertai alamat email dan nama institusi.
  • Abstrak di tulis dalam bahasa Indonesia dan inggris, terdiri dari 150-250 kata dan memuat tentang : tujuan kegiatan, metode dan hasil atau produk kegiatan.
  • Kata kunci di tulis dalam bahasa indonesia dan inggris, masing-masing 3-5 kata.
  • Pendahuluan : berisi kondisi atau masalah yang melatarbelakangi atau menginspirasi pelaksanaan kegiatan dan tujuan kegiatan Pengabdian Masyarakat.
  • Metode : menguraikan cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Contoh metode : a) Pendidikan Masyarakat, misalnya penyuluhan yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran, b) Difusi Ipteks, misalnya kegiatan yang menghasilkan produk bagi kelompok sasaran, c) Pelatihan, misalnya kegiatan yang disertai dengan demonstrasi atau percontohan untuk menghasilkan keterampilan tertentu, d) Mediasi, misalnya kegiatan yang menunjukkan pelaksana Pengabdian Masyarakat sebagai mediator dalam menyelesaikan masalah yang ada dalam masyarakat, e) Advokasi, misalnya kegiatan yang berupa pendampingan terhadap kelompok sasaran. Jelaskan juga karakteristik kelompok sasaran yang menjadi mitra kegiatan Pengabdian Masyarakat.
  • Hasil dan Pembahasan : Menjelaskan tentang hasil atau luaran Pengabdian Masyarakat bisa berupa peningkatan pengetahuan, keterampilan atau berupa produk. Hasil juga mengemukakan tingkat ketercapaian target kegiatan. Jika berupa benda perlu ada penjelasan spresifikasi produk, keunggulan dan kelemahannya. Penulisan luaran perlu dilengkapi foto, tabel, grafik, bagan, gambar dsb. Pembahasan berurut sesuai dengan urutan dalam tujuan, dan sudah dijelaskan terlebih dahulu. Pembahasan disertai argumentasi yang logis dengan mengaitkan hasil Pengabdian Masyarakat dengan teori, hasil Pengabdian Masyarakat yang lain dan atau hasil penelitian.
  • Simpulan : ditulis secara ringkas tetapi menggambarkan substansi hasil Pengabdian Masyarakat dan rekomendasi untuk kegiatan Pengabdian Masyarakat berikutnya.
  • Daftar Pustaka : Daftar pustaka ditulis berdasarkan model APA 6th (American Psychological Association). Sangat disarankan menggunakan Reference manager (end note, mendeley, zetero dll) untuk memudahkan dalam editing dan review.